Contoh proposal usaha

Usaha aksesoris ofline dan online
Proposal ini disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah pengantar bisnis
Dosen Pengampu : Budi Utomo





Disusun :
Fitriyatul Khasanah (63030170012)
Jurusan: akuntansi syariah
Kelas : A






FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2017

Latar Belakang
Saya memulai usaha ini karena saya melihat masih ada peluang besar untuk usahadi lahan kosong di tempat yang strategis yaitu di pinggir pasar, pingir jalan utama, dan deretan kios-kios. Saya memilih untuk membuka toko aksesoris karena belum ada toko yang khusus menjual aksesoris seperti dikota-kota yang ramai dikunjungi pelaggan sehingga tidak ada pesaing dan kebutuhan akan aksesoris seperti halnya kebutuhan akan sandang. Sehingga saya berkepikiran untuk membuka usaha tersebut. Selain itu u tuk meghadapi kemajuan teknologi zaman sekarang saya juga membuka toko online untuk menjual produk saya di toko yang berkantor di toko saya tersebut.
Sehingga memudahkan orang untuk melihat langsung barang yang akan dibeli ditoko tanpa ada rasa kecewa.

I. Memulai suatu bisnis
A. Visi
Menjadikan toko usaha aksesoris A & B  pilihan utama pelaggan baik ofline dan online
Terus Berinovasi dan berkarya untuk bisa mengikuti perkembangan zaman
Menjadi toko usaha aksesoris A & B menjadi bisnis yang menjajikan di masa depan
Menjadi motivator pegusaha yang ingin berusaha
B. Misi
Beorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
Kerelavanan  akan barang  yang di promosikan
Ketepatan dalam  pegiriman
Menjaga kepercayaan public  akan barang yang dijual
Ambil terus bagian dalam  perkembangan teknologi dan  pemasaran
Terus berinovasi dan berkarya dalam  pegelolaan toko ofline dan online
Meningkatkan keramahan pelayanan
C. Tujuan dan Manfaat
a.Tujuan
Sebagai penilaian atas pemahaman dan prakteknya dari tugas mata kuliah pengantar bisnis Inisiatif wirusaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
Berguna untuk melakukan kerjasama dengan pendiri usaha lain
Dapat membuka lapangan kerja baru
b.Manfaat:
Membantu wirausaha untuk mengembang kan usaha dan menguji strategi dan hasil yang di harapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).
Membantu wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan di jalankan.
Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada pihak lain.
Membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha.
D.  Profil Perusahaan
A. Jenis Usaha
Perusahaan saya bergerak dibidang penjualan berbagai macam aksesoris yang bersifat ofline dan online , yaitu secara umum penjualanya antara lain :
aksesoris yang dipakai perempuan mulai dari gelang, kalung, cicin, anting,  bando,  tas,  jam,  dompet  dan lainnya
macam-macam make up, alat- alat make up dan aksesoris make up
juga menjual segala perlengkapan ulang tahun, party , dekorasi ruagan atau  pagung dan lain-lain.
Selainitu saya menyediakan ruang untuk studio foto disitu terdapat 4 sisi ruang yang berbeda dan bisa di ubah menjadi bermacam- macam latar yang berbeda dan barang-barangnya bisa dibeli
B. Nama usaha
Usaha saya  beri nama  A & B di toko ofline maupun online. Karena huruf A dan B termasuk huruf pertama  dan kedua sehingga mudah di inggat. Juga di tegah-tegah huruf A B  ada sisipan symbol ( &)  yang berarti (dan)  digunakan karena untuk lebih menarik agar tidak monoton jika namanya AB  saja. selain itu huruf  A  singkatan dari huruf  amaze berarti menakjudkan dan B singkatan dari best berarti lebih baik.
C. Lokasi
Tempat usaha saya yang berlokasi jalan susukankaranggede. Menurut saya tempat ini adalah tempat yang strategis karna tepat di pingir jalan utama susukankaranggede tepat-nya sebelah pasar susukan dan berderetan dengan ruko-ruko sehingga sangat ramai sekali, juga sangat mudah di temui karena banyak orang berlalu-lalang melewati depan toko.
E.  manajemen  Organisasi usaha
Penyediaan barang, , pegelola keuagan , pegendalian, dan  pegawasan  usaha. Adalah saya sendiri
Kasir 1 orang kariyawan
 penataan barang , kebersihan, keamanan, dan  pelayan pelaggan 2 orang kariyawan.
Pegiriman dan pegemasan barang 1 orang
Penjual secara online 2 orang
F.  Produk Perusahaan
Proses  persediaan Produk : saya mencari barang toko lagsung dari pembuatnya dan tidak hanya  2 atau 3 pegrajin tetapi sebisa mungkin lebih dari 8 pegrajin agar ada banyak varian  produk yang di jual, Dan saya beri pegarahan akan barang yang nanti dibuat seperti apa agar laku dijual di toko juga kekinian. Pergantian produk minimal 3  bulan sekali. Di toko.
Namun jika ditoko online terus megupload  produk setiap hari minimal 2 barang dan meghapus produk apabila barang itu habis terjual.
Keunggulan produk :  produk yang saya jual  produk yang terus megikuti trend zaman , bermacam- macam variasi pilihan dan harga, tidak menjual barang apa bila itu cacat, dan  terdapat jaminan suatu barang tertentu.
Selain itu yang terpenting adalah jika pelaggan ragu akan barang yang dijual di toko online bisa melihat langsung barang itu di toko ofline saya.
G. Target Pasar
A. Segmentasi pasar  saya adalah semua kalangan baik dari menengah bawah atau atas. Karena saya menyediakan bermacam- macam varian harga. Sehingga pelanggan bisa memilih- milih harga yang sesuai selera.
B. Target pemasaran produk  adalah  anak anak, remaja dan  ibu-ibu. namun saya lebih fokus pada remaja karena kebutuhan aksesoris paling banyak adalah remaja.
II. Kendala Dalam Menjalankan Bisnis
1. pendapatan bulan pertama tidak bisa menutupi modal awal sehingga saya harus menuggu 2 bulan untuk megembalikan modal saya dan keuntungan.
2. tidak ada alat pendeteksi barang keluar sehingga kurang pegawasan jika ada pencurian barang.
3. masyarakat mengagap sebelah mata akan suatu brand baru. Sehingga saya harus terus berinivasi

III.  strategi pemasaran
H.  Promosi dan Pemasaran
Promosi
1. Aktif dalam sosial media
Salah satu promosi termurah adalah sosial media seperti istagram dan facboook. Disitu saya  bisa berpromosi sekaligus menjual barang saya. Tanpa harus terbebankan akan diaya iklan.
2. Aktif Dalam Berpromosi setiap kegiatan
Promosi erat kaitannya dengan pegnguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para konsumen. Semakin efektif nilai  promosi yang saya jalani serta di aplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan saya dapatkan.
3. Network (Jaringan)
Kecepatan bisnis saya  akan sukses dan berkembang sebanding dengan seberapa luas dan kualitas jaringan yang saya miliki.
Cara cepat agar mempunyai jaringan yang luas banyaklah bergabung dengan suatu  komunitas dengan itu bisnis yang saya jalani.  Sehingga Banyak orang yang megenalnya.
Pemasaran
1. Perkuat Nama Brand Bisnis
Strategi pemasaran bisnis yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang saya raih maupun seberapa banyak laba yang bisa saya  rengkuh dalam jangka waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang saya jalankan sehingga dapat berpotensi untuk menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Credibility (Membangun Nama baik)
Membangun nama baik dimata para pelaggan  degan pemberian keramahan dan tanggung jawap kepada setiap pelaggan yang datang ke toko.
Selain itu keramahan dalam setiap menjawab komentar , keakuratan barang yang dipesan dan ketepatan pegiriman. Akan menarik pelaggan agar usaha saya sebagai pilihan yang utama.

3. membuat depan toko yang menarik
saya memasang barang yang menarik- menarik yang akan di jual di entalase berkaca bening, sehingga orang dapat tertarik megunjunginya juga dapat mngetahui barang apa dan merek apa saja yang saya perjualkan. Sasaran saya untuk memperjualkan barang jualan kami adalah masyarakat yang berlalu-lalang di depan toko kami.
4. penataan produk
Penataan tempat  barang yang akan dijual semerarik mungkin salah satu cara membuat tempat studio photo bertema- tema sehingga pelanggan dapat tertarik melihatnya dan mau untuk membelinya.
Di toko online tinggal memasukan foto produk yang dijual  seperti penataan  barang ditempat di toko. Selain itu saya bisa menjadi model foto utuk produk saya sendiri.
5. pemberian jaminan
Utuk meningkatkan kepercayaan pelaggan saya memberika jaminan untuk barang tertentu jika barang tersebut rusak atau cacat dan tidak sesuai dengan suatu ketentuan.
I. Laporan Keuangan
 Alokasi dana
Gaji kariyawan : 7.200.000
Pembelian barang toko :  6.000.000
Internet :  100.000
Sewa tempat : 600.000
Perlengkapan :80.000
Peralatan : 100.000
Modal awal untuk 2 bulan : 14.080.000
Perhitungan laba
Pendapatan selaman 2 bulan : 20.000.000
Modal awal untuk 2 bulan : 14.080.000
Laba untuk 2 bulan :    5.920.000




IV. kunci sukses
1. melihat peluang untuk usaha
2. analisis barang
3. mengikuti perkembagan zaman
4. mencari jaringan sebanyak mungkin
5. tidak berhenti promosi
4. memperkuat brand produk
Penutup
Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha.Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam memasarkan produknya.
Demikian proposal ini dibuat, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita yang ingin mendirikan usaha. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

puisi andai waktu dapat ku putar

laporan praktikum hukum archimedes

Puisi gadis remaja yang jatuh cinta